7 Step to Audit Brand Management

 7 Step to Audit Brand Management 


Brand Management merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam menentukan perkembangan bisnis perusahaan. Suatu brand mampu dikenal oleh masyarakat luas merupakan suatu suksesnya suatu brand. Suatu brand atau merek dapat diingat dan dikenal oleh konsumen serta mampu memberikan kesan mendalam yang mampu memberi pembeda dibandingkan dengan produk kompetitornya.

Brand management merupakan sebuah proses lanjutan untuk menciptakan suatu brand dengan image positif yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Sehingga value dari brand tersebut dapat meningkat, dan diharapkan dapat terus meningkat sepanjang masa. Brand atau merek terdiri dari komponen tidak berwujud (intangible components) dan komponen berwujud (tangible components).

Dalam menjalankan manajemen merek tentunya setelah merek diciptakan akan diukur berdasarkan kinerja lalu setelah itu akan diaudit hingga proses akhir di evaluasi untuk mengetahui seberapa efektif brand management dalam perusahaan tersebut.

Berikut langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam melakukan Brand Audit :

1.      Menentukan Framework Audit

Framework akan memudahkan dalam memilah-milah persoalan serta mencari bagaimana cara memecahkan permasalahan yang dihadapi. Langkah awal yang harus dipersiapkan yaitu dengan melihat misi perusahaan dan sasaran strategis brand. Ada faktor-faktor lain yang juga perlu dipersiapakan  diantaranya :

·         Tujuan dan kegunaan dari sebuah website perusahaan

·         Mengenali siapa yang menjadi kompetitor utama

·         Mengenali target market

·         Positioning perusahaan dengan kompetitor

·         Mengetahui bagaimana tren industri saat ini dan juga tren yang akan datang

·       Perusahaan menentukan diferensiasi brand misalnya harga, kualitas pelayanan dan lain-lainnya

2.      Analisis Data Website

Dalam mengelola sebuah website perusahaan maka kita akan mempermudah memasarkan brand kepada konsumen. Melalui website ini perusahaan dapat mengetahui kinerja dari website tersebut melalui sebuah aplikasi website analytics contohnya Geogle Analytic untuk melakukan riset online dan mengetahui target market perusahaan.

3.      Analisis Data Sosial

Website Analytics selain untuk menganalisis data website dapat digunakan untuk menganalisis data sosial karena akan memberikan akses ke data audiens yang tidak dapat disediakan pada chanel lain. Analisis data sosial ini akan mempermudah pemahaman mendalam mengenai pelanggan, memeriksa minat pelanggan dan menentukan reposisi key messages dalam data sosial tersebut.

4.      Analisis Data Penjualan

Brand audit dapat dilakukan dengan meriview kembali data penjualan. Dari rekap tersebut dapat diidentifikasi permasalahan yang terjadi di lapangan. Dari analisis penjualan yang diperoleh dari seluruh buyer’s journey dapat memberikan petunjuk pada area spesifik yang menyebabkan permasalahan itu terjadi.

5.      Komunikasi dengan Konsumen

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mensurvei konsumen untuk melihat seberapa puaskah konsumen terhadap pelayanan yang telah diberikan. Survei konsumen ini dapat dilakukan melalui telepon, email, ataupun yang ada dalam situs website. Dari situlah dapat diketahui permasalahan apa yang terjadi dan dapat membantu mengungkap jawaban atas pertanyaan yang tidak mudah untuk disampaikan.

6.      Monitor Kompetitor

Dalam brand audit memonitor kompetitor merupakan hal yang sangat penting karena untuk memahami posisi bisnis di pasar industri. Auditor dapat menggunakan alat analisis kompetitor seperti SEO (Search Engine Optimization), backlink, konten, traffic, email dan juga social listening.

7.      Bertindak dan Monitor

Setelah melakukan brand audit langkah selajutnya adalah melakukan perubahan sesegera mungkin pada brand bisnis, sehingga pemantauan ini bertujuan agar proses audit brand dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan perusahaan.



Sumber :

https://chubbyrawit.id/7-langkah-mudah-melakukan-brand-audit/

https://brankasbro.id/7-langkah-melakukan-brand-audit/

https://www.brandwatch.com/blog/brand-audit/


Komentar