Jenis - Jenis Perdagangan Internasional



Perdagangan Internasional  adalah perdagangan yang dilakukan oleh dua negara dengan menjalin kesepakatan yang telah ditentukan. Kesepakatan yang terjadi dalam perdagangan internasional bisa bersifat  perorangan, kelompok, dan juga individu.

Umumnya perdagangan internasional ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan suatu negara yang diperlukan, sehingga negara memerlukan bantuan negara lain. Perdagangan internasional ini dapat menjadi sumber pendapatan bagi suatu negara sehingga kedua belah pihak memperoleh keuntungan. Kerjasama yang dilakukan dalam perdagangan internasional dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian negara.

Dalam suatu perdagangan internasional ada beberapa faktor pendorong yang mendukung kerjasama perdagangan ini antara lain, yaitu:

·         Faktor alam

·         Supaya terpenuhi  kebutuhan barang dan jasa di dalam negeri

·         Adanya keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara

·         Perbedaan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengelola sumber daya ekonomi

·         Kelebihan produk di dalam negeri sehingga memerlukan pasar baru untuk menjual  produk tersebut ke pasar .

·         Perbedaan keadaan sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, kebudayaan dan juga jumlah penduduk yang menyebabkan perbedaan hasil produksi dan keterbatasan produksi

·         Adanya kesamaan kebutuhan atau selera terhadap suatu barang

·         Peluang untuk membuka kerjasama, hubungan politik dan dukungan terhadap negara lain.

·         Terjadinya era globalisasi mengakibatkan tidak ada negara di dunia yang dapat berkerja sendiri atau hidup sendiri.

Negara-negara yang telah berpartisipasi  dalam perdagangan internasional melakukan transaksi internasional yang dapat dikelompokan menjadi delapan jenis yaitu meliputi :

1.      Ekspor

Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri. Kegiatan Ekspor ini dalam perdagangan internasional berpengaruh karena mampu menguatkan nilai tukar mata uang dalam negera terhadap mata uang internasional.

Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam ekspor yaitu :

a.     Ekspor Biasa, yaitu pengiriman barang ke luar negeri dengan ketentuan yang berlaku yang ditunjukan kepada pembeli diluar negeri menggunakan letter of credits dengan ketentuan tertentu

b.   Ekspor tanpa letter of credits, yaitu penjualan dengan mengirim barangnya terlebih dahulu melalui izin khusus dari departemen perdagangan.

2.      Barter

Barter merupakan  pengiriman barang ke luar negeri untuk ditukarkan langsung dengan barang yang dibutuhkan dalam negeri.

3.      Konsinyasi (Consignment)

Konsinyasi merupakan penjualan dengan pengiriman barang. Pada konsinyasi belum ada pembeli tertentu diluar negeri. Konsinyasi ini dilakukan melalui pasar bebas atau bursa dagang dengan cara lelang.

4.      Package Deal

Merupakan kegiatan perdagangan yang dilakukan guna memperluas pemasaran hasil produk suatu negara. Perdagangan ini dilakukan dengan mengadakan perjanjian dagang (trade agreement) dengan salah satu negara.

5.      Penyelundupan (Smuggling)

Penyeludupan merupakan usaha yang bertujuan memindahkan kekayaan dari suatu negara menuju negara lain tanpa memenuhi ketentuan yang berlaku. Penyeludupan merupakan kegiatan yang tidak baik dan salah satu tindakan kriminalitas. Penyelundupan dibagi menjadi 3 yaitu :

a.       Penyelundupan yang seluruhnya dilakukan dengan cara ilegal

b.      Penyelundupan administratif

6.      Border Crossing

Tujuan perdagangan Border Crossing  ini adalah untuk memudahkan penduduk yang berada di negara perbatasan agar lebih mudah dalam berbelanja.

Border Crossing dapat terjadi melalui :

a.       Sea Border (lintas batas laut)

Sistem perdagangan yang melibatkan dua negara yang memiliki batas negara berupa lautan, perdagangan dilakukan dengan cara penyeberangan laut.

b.      Overland Border (lintas batas darat)

Sistem perdagangan yang melibatkan dua negara yang memiliki batas negara berupa daratan, perdagangan dilakukan dengan cara setiap pendudik negara tersebut melakukan interaksi dengan  melewati batas daratan di masing-masing negara melalui persetujuan yang berlaku.

 

                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER :

https://blog.ruangguru.com/jenis-jenis-perdagangan-internasional-1

https://www.pikirantrader.com/ekonomi/17440-jenis-dari-perdagangan-internasional

https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/09/perdagangan-internasional-pengertian-jenis-faktor-pendorong.html

 

Komentar