Marketing Communication Strategy
Komunikasi
pemasaran (marketing comunication)
merupakan usaha yang dilakukan untuk menginformasikan, membujuk, mengingatkan
atau menyampaikan kepada customer
mengenai keberadaan produk atau jasa yang dijual dan berada dipasar supaya
menjadi terkenal dan kemudian dibeli lalu menjadikan pelanggan. Komunikasi
pemasaran (marketing comunication) merupakan
peranan yang sangat penting bagi pemasar. Tanpa suatu komunikasi yang baik
kepada pelanggan atau costumer
informasi akan suatu produk maupun jasa yang ditawarkan tidak akan sampai
kepada konsumen dengan baik, sehingga melalui komunikasi ini penentu siapakah
sasaran komunikasi yang dituju dan keberhasilan dalam berkomunikasi.
Perkembangan
teknologi saat ini digunakan perusahaan untuk membentuk berbagai cara
komunikasi pemasaran untuk mempromosikan kepada pelanggan dengan tujuan untuk
meningkatkan profitabilitas perusahaan. Komunikasi dapat terjadi dengan baik
apabila pengirim dan penerima informasi mampu memahami dan mengolah informasi
yang telah disampaikan dengan baik.
Komunikasi mempunyai tiga macam
bentuk, diantarnya sebagai berikut :
1. Komunikasi
massa
Komunikasi ini bersifat
luas dan menyebar, artinya baik pengirim maupun penerima informasi di dalam
lingkup masa yang sangat luas atau dianggap tidak saling mengenal.
2. Komunikasi
Kelompok
Komunikasi kelompok
terjalin apabila pengirim dan penerima pesan sudah saling mengetahui atau
saling mengenal. Bentuk dalam komunikasi ini terjadi dengan beberapa orang
dalam suatu kelompok, group atau perusahaan.
3. Komunikasi
antar Pribadi
Komunikasi antar pribadi sangat
berbeda dengan komunikasi massa maupun dengan komunikasi kelompok. Komunikasi
ini merupakan komunikasi pribadi atau komunikasi antar individu saja dan
terjadi langsung satu dengan orang lainnya.
Strategi
komunikasi pemasaran (marketing
comunication strategy)
merupakan
bagian yang penting dalam mendorong keberhasilan suatu kegiatan pemasaran yang
dilakukan.
Terdapat beberapa jenis strategi
komunikasi pemasaran diantaranya sebagai berikut :
1. Iklan
(Advertising)
Iklan merupakan usaha
penyajian non-personal atau promosi
produk yang dibayarkan oleh perusahaan. Iklan merupakan strategi komunikasi
pemasaran dengan media misalnya melalui televisi, radio, majalah, koran dan
lainnya.
2. Promosi
Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan ini
merupakan upaya pemasaran yang penyajiannya bersifat media maupun non media.
Promosi penjualan ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan calon customer untuk membeli produk yang di
tawarkan dan promosi ini dilakukan dalam waktu jangka pendek. Misalnya dengan
peragaan, pertunjukan, pameran, kupon harga, demonstrasi, maupun produk sample.
3. Hubungan
Masyarakat (Public Relations)
Tujuan Public Relations ini untuk meningkatkan
hubungan antara produk dengan konsumen dan dengan masyarakat umum. Strategi ini
dilakukan untuk menjalankan beberapa program dari perusahaan yang bertujuan
untuk meningkatkan citra atau images
perusahaan. Misalnya dengan diadakan bakti sosial, donor darah dan kegiatan
sosial lainnya.
4. Penjualan
secara Pribadi (Personal Selling)
Interaksi langsung yang
terjadi dengan customer untuk
memuaskan kebutuhan konsumen. Penjualan secara pribadi ini perusahaan
berhadapan langsung dengan calon pelanggan untuk mencoba menginformasikan
secara face to face kemudian menerima
feedback langsung dari konsumen.
5. Pemasaran
Langsung (Direct Marketing)
Interaksi langsung
dengan konsumen dengan media non-personal
untuk mendapatkan respon secara segera dan dapat menumbuhkan hubungan baik
dengan pelanggan. Misalnya dengan mengirimkan surat penawaran, menelepon,
e-mail, whatsapp dan lain-lainnya.
Komentar
Posting Komentar