Marketing Communication Strategy

Marketing Communication Strategy

 

sumber : https://reputationtoday.in/marketing-communications-strategy/

Komunikasi pemasaran (marketing comunication) merupakan usaha yang dilakukan untuk menginformasikan, membujuk, mengingatkan atau menyampaikan kepada customer mengenai keberadaan produk atau jasa yang dijual dan berada dipasar supaya menjadi terkenal dan kemudian dibeli lalu menjadikan pelanggan. Komunikasi pemasaran (marketing comunication) merupakan peranan yang sangat penting bagi pemasar. Tanpa suatu komunikasi yang baik kepada pelanggan atau costumer informasi akan suatu produk maupun jasa yang ditawarkan tidak akan sampai kepada konsumen dengan baik, sehingga melalui komunikasi ini penentu siapakah sasaran komunikasi yang dituju dan keberhasilan dalam berkomunikasi.

Perkembangan teknologi saat ini digunakan perusahaan untuk membentuk berbagai cara komunikasi pemasaran untuk mempromosikan kepada pelanggan dengan tujuan untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan. Komunikasi dapat terjadi dengan baik apabila pengirim dan penerima informasi mampu memahami dan mengolah informasi yang telah disampaikan dengan baik.

Komunikasi mempunyai tiga macam bentuk, diantarnya sebagai berikut :

1.      Komunikasi massa

Komunikasi ini bersifat luas dan menyebar, artinya baik pengirim maupun penerima informasi di dalam lingkup masa yang sangat luas atau dianggap tidak saling mengenal.

2.      Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok terjalin apabila pengirim dan penerima pesan sudah saling mengetahui atau saling mengenal. Bentuk dalam komunikasi ini terjadi dengan beberapa orang dalam suatu kelompok, group atau perusahaan.

3.      Komunikasi antar Pribadi

Komunikasi antar pribadi sangat berbeda dengan komunikasi massa maupun dengan komunikasi kelompok. Komunikasi ini merupakan komunikasi pribadi atau komunikasi antar individu saja dan terjadi langsung satu dengan orang lainnya.

Strategi komunikasi pemasaran (marketing comunication strategy) merupakan bagian yang penting dalam mendorong keberhasilan suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan.

Terdapat beberapa jenis strategi komunikasi pemasaran diantaranya sebagai berikut :

1.      Iklan (Advertising)

Iklan merupakan usaha penyajian non-personal atau promosi produk yang dibayarkan oleh perusahaan. Iklan merupakan strategi komunikasi pemasaran dengan media misalnya melalui televisi, radio, majalah, koran dan lainnya.

2.      Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan ini merupakan upaya pemasaran yang penyajiannya bersifat media maupun non media. Promosi penjualan ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan calon customer untuk membeli produk yang di tawarkan dan promosi ini dilakukan dalam waktu jangka pendek. Misalnya dengan peragaan, pertunjukan, pameran, kupon harga, demonstrasi,  maupun produk sample.

3.      Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Tujuan Public Relations ini untuk meningkatkan hubungan antara produk dengan konsumen dan dengan masyarakat umum. Strategi ini dilakukan untuk menjalankan beberapa program dari perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan citra atau images perusahaan. Misalnya dengan diadakan bakti sosial, donor darah dan kegiatan sosial lainnya.

4.      Penjualan secara Pribadi (Personal Selling)

Interaksi langsung yang terjadi dengan customer untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Penjualan secara pribadi ini perusahaan berhadapan langsung dengan calon pelanggan untuk mencoba menginformasikan secara face to face kemudian menerima feedback langsung dari konsumen.

5.      Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Interaksi langsung dengan konsumen dengan media non-personal untuk mendapatkan respon secara segera dan dapat menumbuhkan hubungan baik dengan pelanggan. Misalnya dengan mengirimkan surat penawaran, menelepon, e-mail, whatsapp dan lain-lainnya.

 

Komentar