Proses Recruitment Karyawan Baru Dalam Perusahaan
Rekrutmen (Recruitment) merupakan proses mencari, menemukan, mengajak dan
menetapkan sejumlah individu atau orang dari dalam (internal) atau luar (eksternal)
perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu sesuai
dengan kesepakatan yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia.
Proses melakukan recruitment ini diawali dengan mencari calon pelamar dan
diakhiri dengan penyerahan surat lamaran pekerjaan ke perusahaan terkait.
Selanjutnya setelah recruitment akan
ada proses penyeleksian pelamar kerja hingga sampai terpilihnya pelamar
tersebut sampai menjadi karyawan untuk mengisi posisi yang telah dibutuhkan.
Proses dalam menciptakan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional merupakan suatu kunci utama yaitu terletak pada proses Recruitment, Selection, Training and Development bagi calon tenaga kerja. Dalam mencari tenaga kerja dibutuhkan suatu tantangan yang besar karena apabila terjadi kesalahan dalam proses rekrutmen maka dapat berakibat fatal bagi perusahaan. Proses rekrutmen merupakan sebagai salah satu leverage dalam mengembangkan perusahaan. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten yang sesuai dengan kebutuhan spesifikasi organisasi didapatkan melalui proses rekrutmen dan seleksi yang berbasis kompetensi. Hal ini didukung dengan adanya dinamika perkembangan teknologi dan informasi yang saat ini semakin berkembang menjadi tantangan tersendiri dalam pemilihan calon tenaga kerja yang berkualitas dan berkompetensi bagus.
Sumber Rekrumen
Karyawan Pada Perusahaan
Proses rekrutmen dilakukan apabila ada bagian departemen yang memerlukan
karyawan baru untuk mengisi kekosongan karyawan yang dibutuhkan dapat dilakukan
melalui dua sumber yaitu rekrutmen internal dan rekrutmen eksternal.
1.
Sumber Rekrutmen
Internal
Sumber
rekrutmen internal ini dilakukan dengan mengisi posisi yang masih kosong yang
didapatkan dari internal perusahaan. Kekosongan posisi tersebut diberikan
kepada karyawan yang dinilai cocok sehingga dapat memotivasi karyawan yang
bersangkutan untuk bekerja dengan optimal lagi. Pengisian posisi secara
internal ini dilakukan dengan metode Promosi, Rotasi atau Demosi. Dalam
rekrutmen internal ini terdapat faktor kekurangan dan kelebihan dari
masing-masing aspek. Faktor keuntungan yang dapat diambil apabila melakukan
rekrutmen internal yaitu seperti meningkatkan semangat kerja, mendorong
kesetiaan karyawan terhadap perusahaan dan mendorong pengembangan diri
karyawan. Sedangkan untuk dari segi kekurangannya ialah kemungkinan tidak
cukupnya jumlah orang yang memiliki kualifikasi dalam perusahan.
2.
Sumber Rekrutmen
Eksternal
Rekrutmen eksternal merupakan rekrutmen yang berasal dari luar lingkungan perusahaan. Rekrutmen ekternal ini perlu dilakukan apabila tidak ada karyawan internal yang cocok untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Rekrutmen eksternal ini dilakukan apabila perusahaan melakukan ekspansi bisnis yang menyebabkan kebutuhan tenaga kerja meningkat. Keuntungan yang diperoleh apabila melakukan rekrutmen eksternal yaitu dapat mendapatkan personal yang cocok untuk pekerjaan bisa memberikan ide dan teknik baru untuk perusahaan. Sedangkan kekurangannya yaitu dapat menurunkan semangat kerja yang ada dan memerlukan biaya lebih untuk pengiklanan di media massa, proses interview dan pelatihan karyawan.
Proses Rekrutmen
Karyawan Baru pada Perusahaan
Setelah mengetahui sumber-sumber dari mana dapat
memperoleh karyawan maka langkah selanjutnya yaitu mengikuti proses dalam
melakukan rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan SDM yang kompeten tentunya untuk
meningkatkan citra perusahaan yang berkualitas dan bermanfaat.
1.
Sourcing Process
Merupakan
proses untuk memperoleh calon karyawan baru yang sesuai dengan kebutuhan yang
ada melalui sumber daya yang tersedia. Untuk menarik minat pelamar yang dapat
dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan cara direct
mail, bursa kerja, head hunter,
dll.
2.
Selection Process
Proses
seleksi merupakan proses menyaring calon tenaga kerja untuk menjadi kandidat
yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Proses
seleksi dapat meliputi Psikometri (Psychological
Test), Wawancara Psikologi, Tes Teknis, Managerial
Skill Test dan lain-lainya tergantung dari perusahaan.
3.
User Process
User Process
merupakan mencari orang yang tepat untuk posisi yang dibutuhkan yang diperoleh
setelah lolos dari proses seleksi.
Tahapan
user process meliputi wawancara oleh user (manajer atau direktur), Medical check up, administration dan orientasi karyawan baru.
Komentar
Posting Komentar