Mengenali Tipe-Tipe Pelanggan yang Harus Diketahui

Mengenali Tipe-Tipe Pelanggan yang Harus Diketahui

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2017/01/20/320/1596349/


Saat mendengar kata pelanggan apa yang terlintas dibenak para sales ? sebagai sesorang sales melihat pelanggan merupakan hal yang sangat berdekatan karena pelanggan merupakan yang membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan. Pelangan merupakan asset terbesar bagi perusahaan, karena tanpa pelanggan perusahaan tidak akan dapat beroperasi, semakin loyal pelayanan perusahaan terhadap pelanggan maka semakin kuat perusahaan mampu meraih keuntungan.

Pelanggan Menurut Para Ahli

·  Vincent Gaspersz, pelanggan merupakan individu yang menuntut kita sebagai sales untuk dapat memenuhi suatu standar kualitas barang tertentu, sehingga dapat memberikan pengaruh pada performa perusahaan.

·  Greenberg, 2010, pelanggan merupakan individu atau kelompok yang membeli produk atau jasa dengan mempertimbangkan harga, kualitas, tempat, pelayanan yang didasarkan pada keputusan yang telah diambil.

·    Lupiyoadi dan Hamdani, pelanggan ialah individu yang secara berulang-ulang datang ke lokasi yang sama dengan membeli produk maupun jasa yang diinginkan karena sudah merasakan kepuasan dari produk atau jasa tersebut.

·    Philip Kotler, pelanggan merupakan individu yang membeli atau memperoleh suatu produk atau jasa yang nantinya akan dikonsumsi secara pribadi.

Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan menjadikan hal sangat penting untuk diperhatikan. Pelayanan terhadap pelanggan akan mempengaruhi pada hasil penjualan perusahaan, sehingga diperlukan memahami karakter-karakter pelanggan yang beraneka ragam. Ini menjadikan suatu tantangan tersendiri bagi sales perusahaan untuk memahami dan mengetahui bagaimana tipe-tipe pelanggan yang sedang dihadapi supaya perusahaan selalu terus menyajikan pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan setianya.

Berikut tipe-tipe pelanggan yang perlu diketahui oleh perusahaan :

1.      Tipe Pelanggan Setia dan Loyal

Tipe pelanggan seperti ini sangat disukai oleh perusahaan, sebab pelanggan ini tipe yang tidak mudah berpaling ke produk atau jasa lain, meskipun dari segi harga terkadang mengalami perubahan namun yang diutamakan yaitu kualitasnya dengan itu akan sulit terkecoh dengan merek lain yang harganya lebih murah. Pelanggan akan tetap memilih memakai produk atau jasa yang sudah dipakainya atas dasar sudah jatuh hati dengan merek atau brand tersebut.

2.      Tipe Pelanggan Cerewet

Pelanggan dengan tipe cerewet biasanya sangat aktif dalam berbicara. Pelanggan dengan tipe ini akan mudah diajak berbicara atau berdiskusi santai sehingga akan menjalin keakraban dengan pelaku bisnis. Sehingga kita harus menjadi pendengar yang antusias, dengan cara seperti ini pelanggan akan merasa dihargai dan diperhatikan sehingga ini dapat menjadi peluang perusahaan.

3.      Tipe Pelanggan Hemat

Pelanggan dengan tipe hemat setingkali mempertimbangkan keuntungan dan kerugian apabila membeli suatu produk atau jasa. Tipe ini akan sangat detail dalam memilih dan menentukan mana yang akan dibelinya. Sehingga cara menghadapi untuk tipe pelanggan hemat ini perusahaan diwajibkan mengutamakan kelebihan dan fungsi dari produk atau jasa yang dimilikinya.

4.      Tipe Pelanggan Arogan

Tipe pelanggan arogan ini merupakan tipe yang tidak mau menerima pendapat atau masukan dari orang lain, karena merasa bahwa pendapat dirinya yang paling benar. Tipe pelanggan seperti ini terkadang sulit untuk didekati, pasalnya sebagus atau sebaik apapun produk atau jasa yang ditawarkan belum tentu menjadi tertarik. Cara menghadapi tipe pelanggan seperti ini harus tetap tersenyum dan menjelaskan produk atau jasa dengan semaksimal mungkin.

5.      Tipe pelanggan Impulsif

Pelanggan dengan tipe impulsif ini biasanya akan mudah membeli suatu produk atau jasa tanpa melihat fungsi dan kebutuhan yang dimilikinya. Dalam menghadapi tipe pelanggan seperti ini perusahaan harus melakukan cara yang optimis mengenai komunikasi yang positif sehingga pelanggan ini akan merasa hebat.

Komentar