Mengenali Tipe-Tipe Pelanggan yang Harus Diketahui
Sumber
: https://economy.okezone.com/read/2017/01/20/320/1596349/
Saat
mendengar kata pelanggan apa yang terlintas dibenak para sales ? sebagai
sesorang sales melihat pelanggan merupakan hal yang sangat berdekatan karena
pelanggan merupakan yang membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan.
Pelangan merupakan asset terbesar bagi perusahaan, karena tanpa pelanggan
perusahaan tidak akan dapat beroperasi, semakin loyal pelayanan perusahaan
terhadap pelanggan maka semakin kuat perusahaan mampu meraih keuntungan.
Pelanggan Menurut Para Ahli
· Vincent Gaspersz, pelanggan merupakan
individu yang menuntut kita sebagai sales untuk dapat memenuhi suatu standar
kualitas barang tertentu, sehingga dapat memberikan pengaruh pada performa
perusahaan.
· Greenberg, 2010, pelanggan merupakan
individu atau kelompok yang membeli produk atau jasa dengan mempertimbangkan
harga, kualitas, tempat, pelayanan yang didasarkan pada keputusan yang telah
diambil.
· Lupiyoadi dan Hamdani, pelanggan ialah
individu yang secara berulang-ulang datang ke lokasi yang sama dengan membeli
produk maupun jasa yang diinginkan karena sudah merasakan kepuasan dari produk
atau jasa tersebut.
· Philip Kotler, pelanggan merupakan
individu yang membeli atau memperoleh suatu produk atau jasa yang nantinya akan
dikonsumsi secara pribadi.
Pelayanan
yang diberikan kepada pelanggan menjadikan hal sangat penting untuk
diperhatikan. Pelayanan terhadap pelanggan akan mempengaruhi pada hasil
penjualan perusahaan, sehingga diperlukan memahami karakter-karakter pelanggan
yang beraneka ragam. Ini menjadikan suatu tantangan tersendiri bagi sales
perusahaan untuk memahami dan mengetahui bagaimana tipe-tipe pelanggan yang
sedang dihadapi supaya perusahaan selalu terus menyajikan pelayanan yang
memuaskan untuk pelanggan setianya.
Berikut tipe-tipe pelanggan yang
perlu diketahui oleh perusahaan :
1. Tipe
Pelanggan Setia dan Loyal
Tipe pelanggan seperti
ini sangat disukai oleh perusahaan, sebab pelanggan ini tipe yang tidak mudah
berpaling ke produk atau jasa lain, meskipun dari segi harga terkadang
mengalami perubahan namun yang diutamakan yaitu kualitasnya dengan itu akan
sulit terkecoh dengan merek lain yang harganya lebih murah. Pelanggan akan
tetap memilih memakai produk atau jasa yang sudah dipakainya atas dasar sudah
jatuh hati dengan merek atau brand tersebut.
2. Tipe
Pelanggan Cerewet
Pelanggan dengan tipe
cerewet biasanya sangat aktif dalam berbicara. Pelanggan dengan tipe ini akan
mudah diajak berbicara atau berdiskusi santai sehingga akan menjalin keakraban
dengan pelaku bisnis. Sehingga kita harus menjadi pendengar yang antusias,
dengan cara seperti ini pelanggan akan merasa dihargai dan diperhatikan
sehingga ini dapat menjadi peluang perusahaan.
3. Tipe
Pelanggan Hemat
Pelanggan dengan tipe
hemat setingkali mempertimbangkan keuntungan dan kerugian apabila membeli suatu
produk atau jasa. Tipe ini akan sangat detail dalam memilih dan menentukan mana
yang akan dibelinya. Sehingga cara menghadapi untuk tipe pelanggan hemat ini
perusahaan diwajibkan mengutamakan kelebihan dan fungsi dari produk atau jasa
yang dimilikinya.
4. Tipe
Pelanggan Arogan
Tipe pelanggan arogan
ini merupakan tipe yang tidak mau menerima pendapat atau masukan dari orang
lain, karena merasa bahwa pendapat dirinya yang paling benar. Tipe pelanggan
seperti ini terkadang sulit untuk didekati, pasalnya sebagus atau sebaik apapun
produk atau jasa yang ditawarkan belum tentu menjadi tertarik. Cara menghadapi
tipe pelanggan seperti ini harus tetap tersenyum dan menjelaskan produk atau
jasa dengan semaksimal mungkin.
5. Tipe
pelanggan Impulsif
Pelanggan dengan tipe impulsif ini
biasanya akan mudah membeli suatu produk atau jasa tanpa melihat fungsi dan
kebutuhan yang dimilikinya. Dalam menghadapi tipe pelanggan seperti ini
perusahaan harus melakukan cara yang optimis mengenai komunikasi yang positif sehingga
pelanggan ini akan merasa hebat.
Komentar
Posting Komentar