Strategic Marketing di Era Digital

Strategic Marketing di Era Digital



Seiring dengan perkembangan zaman yang pesat terutama di dunia marketing saat ini, strategi pemasaran (Strategic Marketing) merupakan hal yang terpenting untuk bagaimana perusahaan terus mengembangkan produknya di era digital saat ini, peran teknologi menjadi hal utama dalam menunjang proses marketing perusahaan. Dengan adanya digital marketing saat ini perkembangan produk akan menjadi sangat cepat dan perkembangan arus informasi feedback ke konsumen dapat diberikan dengan mudah dan tepat. Sehingga produk yang ditawarkan dapat di promosikan secara efektif kepada target pasar yang tepat dan juga mempermudah perusahaan dalam menjalin komunikasi kepada customer.

Di era digital saat ini diharuskan perusahaan untuk terus meningkatkan langkah-langkah dan strategi pemasaran (strategic marketing) dalam produk yang ditawarkan, diantaranya yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut :

1.      Media Sosial

Dimulai dengan membuat akun social media merupakah langkah awal dalam strategi pemasaran digital. Setelah itu selanjutnya memaksimalkan dengan postingan berbagai foto dan video yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Beriklan di  social media cenderung lebih mudah karena dapat menghemat biaya dan juga sangat mudah. Misalnya dapat melalui Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan lain-lainnya

2.      Website

Memiliki website akan dapat memudahkan calon customer untuk melihat dibidang apa perusahaan tersebut berjalan. Terutama dalam bidang jasa atau konsultan  website akan memperlihatkan bagaimana service yang telah dilakukan. Website disini dapat menggunakan website TDL (Top Level Domain) ataupun yang tidak berbayar (gratis) seperti wordpress, blogspot dan lain-lainya. Dalam website atau blog terdapat SEO (Search Engine Optimization) yang merupakan optimalisasi website untuk mesin pencarian supaya memperoleh peringkat yang baik dan memudahkan dalam proses pencarian.

3.      Influencer

Dengan memanfaatkan seorang influencer atau influencer marketing merupakan strategi pemasaran yang dirasa cukup efektif, influencer merupakan seorang yang mampu mempengaruhi customer untuk mengunakan produk yang ditawarkan. Rata rata influencer memiliki banyak pengikut (followers) dan dipercayai oleh para followers nya. Terdapat 3 macam influencer yang perlu diketahui :

·         Micro Influencer

·         Makro Influencer

·         Mega Influencer

4.      Digital Banner

Strategi Pemasaran diera digital yang memerlukan budget yang cukup besar yaitu melalui Digital Banner. Banner atau yang biasanya dikenal dengan baliho saat ini sifatnya sudah digital, berbentuk layar televisi dengan pergerakan dinamis.

5.      Narative Advertising

Narative Advertising merupakan bentuk strategi marketing di era digital yang saat ini sedang banyak digemari, dikarenakan sesuai dengan target sasarannya yang tepat dan penyampaiannya yang dapat dijangkau dengan leluasa. Bentuk dari Narative Advertising bermacam macam variasi misalnya paid promote, promoted post dimedia sosial hingga iklan di laman website.

6.      Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan sistem bisnis dengan membayarkan jasa kepada seseorang yang dapat menjualkan produk atau jasa yang dipasarkan melalui internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk atau jasanya . Affiliate Marketing tidak hanya menguntungkan bagi bisnis anda, tetapi juga memberikan keuntungan bagi partner afiliasi bahkan menguntungkan juga bagi costumer. Karena partner afiliasi akan mendapatkan komisi atau fee dari setiap produk atau jasanya dan untuk costumer akan mendapatkan berbagai promo menarik melalui kode voucher atau link yang diberikan oleh partner afiliasi. Cara kerja afiliasi mempromosikan link tersebut di website atau blog, social media atau forum-forum online dan siapapun yang melakukan klik melalui link lalu melakukan pembelian maka afiliasi akan mendapatkan komisi. Afiliasi marketing ini merupakan model bisnis yang dapat mendatangkan penghasilan yang pasif dan relatif mudah untuk pemula meskipun tidak memiliki website sendiri.

Komentar