Strategic Marketing di Era Digital
Seiring dengan perkembangan zaman yang pesat
terutama di dunia marketing saat ini, strategi pemasaran (Strategic Marketing) merupakan hal yang terpenting untuk bagaimana
perusahaan terus mengembangkan produknya di era digital saat ini, peran
teknologi menjadi hal utama dalam menunjang proses marketing perusahaan. Dengan
adanya digital marketing saat ini perkembangan produk akan menjadi sangat cepat
dan perkembangan arus informasi feedback
ke konsumen dapat diberikan dengan mudah dan tepat. Sehingga produk yang
ditawarkan dapat di promosikan secara efektif kepada target pasar yang tepat
dan juga mempermudah perusahaan dalam menjalin komunikasi kepada customer.
Di era digital saat ini diharuskan perusahaan untuk
terus meningkatkan langkah-langkah dan strategi pemasaran (strategic marketing) dalam produk yang ditawarkan, diantaranya
yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut :
1.
Media Sosial
Dimulai
dengan membuat akun social media
merupakah langkah awal dalam strategi pemasaran digital. Setelah itu
selanjutnya memaksimalkan dengan postingan berbagai foto dan video yang
berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Beriklan di social
media cenderung lebih mudah karena dapat menghemat biaya dan juga sangat
mudah. Misalnya dapat melalui Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan
lain-lainnya
2.
Website
Memiliki
website akan dapat memudahkan calon customer
untuk melihat dibidang apa perusahaan tersebut berjalan. Terutama dalam bidang
jasa atau konsultan website akan
memperlihatkan bagaimana service yang telah dilakukan. Website disini dapat
menggunakan website TDL (Top Level Domain) ataupun yang tidak berbayar (gratis)
seperti wordpress, blogspot dan lain-lainya. Dalam website atau blog terdapat
SEO (Search Engine Optimization) yang
merupakan optimalisasi website untuk mesin pencarian supaya memperoleh
peringkat yang baik dan memudahkan dalam proses pencarian.
3.
Influencer
Dengan
memanfaatkan seorang influencer atau influencer
marketing merupakan strategi pemasaran yang dirasa cukup efektif,
influencer merupakan seorang yang mampu mempengaruhi customer untuk mengunakan produk yang ditawarkan. Rata rata
influencer memiliki banyak pengikut (followers)
dan dipercayai oleh para followers
nya. Terdapat 3 macam influencer yang perlu diketahui :
·
Micro Influencer
·
Makro Influencer
·
Mega Influencer
4. Digital Banner
Strategi Pemasaran diera digital yang memerlukan
budget yang cukup besar yaitu melalui Digital Banner. Banner atau yang biasanya
dikenal dengan baliho saat ini sifatnya sudah digital, berbentuk layar televisi
dengan pergerakan dinamis.
5.
Narative Advertising
Narative Advertising merupakan bentuk strategi marketing di era digital
yang saat ini sedang banyak digemari, dikarenakan sesuai dengan target
sasarannya yang tepat dan penyampaiannya yang dapat dijangkau dengan leluasa.
Bentuk dari Narative Advertising bermacam
macam variasi misalnya paid promote, promoted post dimedia sosial hingga iklan di
laman website.
6.
Affiliate Marketing
Affiliate Marketing merupakan sistem bisnis dengan membayarkan jasa kepada seseorang yang dapat menjualkan produk atau jasa yang dipasarkan melalui internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk atau jasanya . Affiliate Marketing tidak hanya menguntungkan bagi bisnis anda, tetapi juga memberikan keuntungan bagi partner afiliasi bahkan menguntungkan juga bagi costumer. Karena partner afiliasi akan mendapatkan komisi atau fee dari setiap produk atau jasanya dan untuk costumer akan mendapatkan berbagai promo menarik melalui kode voucher atau link yang diberikan oleh partner afiliasi. Cara kerja afiliasi mempromosikan link tersebut di website atau blog, social media atau forum-forum online dan siapapun yang melakukan klik melalui link lalu melakukan pembelian maka afiliasi akan mendapatkan komisi. Afiliasi marketing ini merupakan model bisnis yang dapat mendatangkan penghasilan yang pasif dan relatif mudah untuk pemula meskipun tidak memiliki website sendiri.
Komentar
Posting Komentar