Tips Menghindari Grogi saat Interview Kerja

 

https://www.kataloglink.com/2019/09/tips-wawancara-kerja-yang-baik.html

Setelah mengikuti serangkaian proses rekrutmen (Recruitment) pekerjaan dari mulai mencari informasi terkait job vacancy yang tersedia, lalu mengirimkan surat lamaran pekerjaan, setelah itu menunggu hasil evaluasi dari pihak HRD perusahaan dan apabila lolos seleksi maka langkah selanjutnya akan menerima informasi terkait proses selanjutnya yaitu wawancara (interview). Hampir seluruh rangkaian rekrutmen pada perusahaan membutuhkan proses wawancara.

Wawancara kerja atau yang biasa disebut dengan interview merupakan salah satu tahap yang paling mempengaruhi kesempatan pelamar untuk diterima kerja pada perusahaan. Didalam tahap inilah perusahaan baik dari bidang recruitment atau HR dapat menilai diri anda sepenuhnya mulai dari cara menjawab pertanyaan, menjelaskan jawaban, bahasa tubuh (gesture) dan lain-lain yang dapat menjadi point yang dijadikan penilaian.

Tahapan wawancara ini menjadikan suatu perasaan yang mendebarkan, menakutkan atau mungkin membebani sejumlah pelamar atau calon tenaga kerja. Tak heran banyak pelamar yang terlihat gugup, grogi (nervous) saat diwawancarai, sehingga ini yang menyebabkan tak sedikit pelamar yang gagal pada tahapan ini. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan saat interview kerja yang biasa terjadi yaitu karena kurangnya persiapan yang matang dari pelamar, merasa gelisah, kurangnya kepercayaan diri saat menghadapi interview kerja. Hal ini dapat berakibat buruk dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu berikut kami hadirkan tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi grogi saat melakukan interview kerja, diantaranya sebagai berikut :

1.      Miliki Pola Pikir Positif

Sebelum mengikuti wawancara kerja hal perlu dipersiapakan yaitu mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan menguasai semua bidang-bidang dalam pekerjaan yang diinginkan. Yakinlah bahwa dalam wawancara kerja ini tetap berpikir positif terlepas nanti hasil apa yang didapatkan.

2.      Mempersiapkan Semua Hal dengan Matang

Persiapan yang perlu dilakukan pada saat akan interview pekerjaan yaitu menyiapkan semua dokumen yang berkaitan dengan surat lamaran kerja seperti CV, Ijazah dan sertifikat lainnya. Selain itu mempersiapkan tubuh anda ketika akan menghadapi interview dengan istirahat yang cukup.

3.      Mencari Informasi Perusahaan

Informasi yang dapat dicari terkait perusahaan dapat mencari tahu dengan mengunjungi website perusahaan, membaca brosur profil perusahaan atau menelpon customer service pada perusahaan atau informasi lainnya terkait sejarah perusahaan, pencapaian perusahaan, bagaimana budaya kerja perusahaan dan informasi lainnya yang  dapat diambil.

4.      Hadir Tepat Waktu

Keterlambatan merupakan suatu hal yang tidak ada alasan sama sekali untuk datang terlambat pada saat wawancara. Untuk menghindari masalah tersebut usahakan untuk datang 15 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan untuk menghindari perasaan terburu-buru sehingga kita lebih rileks dalam wawancara.

5.      Usahakan untuk Berpakaian Rapi dan Menarik

Rencanakan pakaian apa yang digunakan untuk wawancara kerja pada saat itu. Berpakaianlah seprofesional mungkin untuk ditampilkan dan pastikan  pakaian yang digunakan nyaman, bersih dan wangi untuk dikenakan apabila diperlukan aksesoris untuk menunjang penampilan juga sangat dianjurkan.

6.      Berikan Kesan yang Baik

Memberikan sapaan yang hangat pada siapapun yang dijumpai saat interview pekerjaan merupakan hal yang penting. Perlu diingat bahwa kesan pertama merupakan kesan yang selalu diingat pewawancara, hal ini akan menjadi penilaian tentang pribadi anda.

7.      Bersikaplah Percaya Diri, Fokus dan Menjadi Diri Sendiri

Kunci suksesnya pada saat wawancara ialah pada kualitas dan kemampuan menyampaikan respon terhadap pertanyaan pewawancara. Saat wawancara anda harus menjadi diri sendiri saat menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Fokus pada semua respon yang diberikan menunjukan kemampuan, pengalaman dan kecocokan anda terhadap pekerjaan yang ada di perusahaan.

8.      Lakukan Latihan Wawancara

Melakukan latihan wawancara dapat dilakukan dengan meminta bantuan teman atau keluarga untuk bertindak sebagai pewawancara. Lakukan dengan serius anggap sebagai wawancara sesungguhnya. Latihan ini sebaiknya dilakukan sesering mungkin supaya terbiasa untuk melakukan interview dan dapat meminimalisir salah menjawab akibat nervous saat interview berlangsung.

Komentar