Tips Untuk Mendapatkan Pelanggan
Tujuan
utama dibentuknya suatu bisnis atau usaha yaitu memperoleh profitabilitas atau
keuntungan dalam suatu usahanya. Mindset tersebut merupakan tujuan awal dari
perusahaan, tetapi untuk di era saat ini mindset utama suatu perusahaan tidak
lagi berpatokan terhadap keuntungan tetapi yang terlebih penting bagaimana
memperoleh konsumen atau pelanggan dan
kemudian menciptakan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan merasa puas akan produk
atau jasa yang ditawarkan maka perusahaan tentunya akan mendapatkan banyak
manfaat tidak lain mengenai keuntungan tetapi dapat menjalin hubungan dengan
para pelanggan yang baik dan harmonis sehingga para pelanggan akan menjadi
lebih loyal terhadap produk atau jasa
dari perusahaan serta dapat memberikan efek yaitu merekomendasikan
kepada customer lain-lainnya mengenai
produk atau jasa dari perusahaan.
Pelanggan
bukan hanya individu yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan saja, tetapi
pelanggan juga menginginkan rasa ingin dihormati, kepuasan pelanggan inilah
yang menjadikan tolak ukur dari respon yang emosional para pelanggan dan
nantinya akan menjadi evaluasi untuk perusahaan.
Jenis-jenis pelanggan yang perlu diketahui oleh perusahaan, ialah sebagai berikut :
1. Pelanggan
Ekternal, merupakan individu atau kelompok yang berada di luar perusahaan yang
menerima produk atau jasa dari perusahaan.
2. Pelanggan
Internal, merupakan individu atau kelompok yang mempunyai pengaruh terhadap
performa dari pekerjaan. Misalnya denga sistem dan struktur kerja yang
dilakukan sudah efesien atau belum dan pekerjaan sudah berkualitas atau belum.
3. Pelanggan
Antara, merupakan individu atau kelompok yang bertindak sebagai perantara
produk atau jasa tetapi bukan sebagai pemakai terakhir.
Salah
satu tujuan akhir dari bisnis tentunya mendapatkan pelanggan yang setia, karena
pelanggan setia akan terus menerus membeli produk atau jasa yang dijual ke
publik dan mampu mendatangkan keuntungan yang besar bagi suatu perusahaan.
Namun menemukan dan memiliki pelanggan merupakan suatu hal yang tidaklah mudah
ditengah persaingan bisnis yang cukup kompleks saat ini tentunya ini menjadi
sebuah tantangan perusahaan untuk terus berusaha mendapatkan pelanggan, berikut
tips untuk mendapatkan pelanggan dalam suatu bisnis :
1. Mengenali
Pelanggan dengan Baik
Cara
mendapatkan pelanggan yang paling utama adalah memperlakukan pelanggan dengan
baik, berdasarkan survey setiap individu atau kelompok akan merasa senang dan dianggap penting apabila
pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan dengan hal-hal yang simple, misalnya
dengan menanyakan pendapat konsumen terhadap produk atau jasa yang sudah
dibeli, menghubungi konsumen baik melalui sosial media atau aplikasi chatting yang dapat menghubungkan
langsung kepada para pelanggan, sehingga akan menjadikan bahan perbaikan untuk
meningkatkan kualitas perusahaan.
2. Melakukan
Promosi
Pengenalan
produk kepada konsumen dapat melalui berbagai macam cara, yang dengan melakukan
promosi terhadap produk atau jasa secara konsisten dan terus-menerus. Misalnya
dengan mengunakan brosur dan pamflet yang nantinya dapat dibagikan langsung
kepada pelanggan ataupun calon pelanggan dan bisa juga dilakukan melalui media
sosial.
3. Memilih
Lokasi yang Strategis
Pemilihan
lokasi dalam bisnis merupakan salah satu strategi yang penting untuk menjaring
pelanggan. Lokasi yang strategis dan tepat merupakan suatu usaha agar pelanggan
dapat dengan mudah menjangkau lokasi.
4. Internet
Marketing
Strategi
pemasaran yang paling gencar dilakukan pada era digital saat ini yaitu melalui internet marketing. Dengan menampilkan
produk atau jasa pada situs jejaring sosial media , maka dapat diketahui
bagaimana selera konsumen dan bagaimana produk atau jasa yang dibutuhkan oleh
konsumen.
5. Menjalin
Hubungan yang Baik dengan Pelanggan
Menjalin
hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan pelengkap strategi dalam
mendapatkan pelanggan. Menghubungi pelanggan dapat dilakukan hanya dengan
sekedar menanyakan testimoni mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
6. Memberikan
Hadiah atau Reward
Untuk
menyenangkan hati pelanggan setia maka memberikan hadiah atau reward kepada pelanggan merupakan hal
yang penting untuk memberikan feedback
yang baik kepada pelanggan. Misalnya dengan potongan harga (discount), voucher,
layanan service gratis dan lain
sebagainya.
Komentar
Posting Komentar