Tips Untuk Mendapatkan Pelanggan

 Tips Untuk Mendapatkan Pelanggan

Tujuan utama dibentuknya suatu bisnis atau usaha yaitu memperoleh profitabilitas atau keuntungan dalam suatu usahanya. Mindset tersebut merupakan tujuan awal dari perusahaan, tetapi untuk di era saat ini mindset utama suatu perusahaan tidak lagi berpatokan terhadap keuntungan tetapi yang terlebih penting bagaimana memperoleh konsumen atau pelanggan  dan kemudian menciptakan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan merasa puas akan produk atau jasa yang ditawarkan maka perusahaan tentunya akan mendapatkan banyak manfaat tidak lain mengenai keuntungan tetapi dapat menjalin hubungan dengan para pelanggan yang baik dan harmonis sehingga para pelanggan akan menjadi lebih loyal terhadap produk atau jasa  dari perusahaan serta dapat memberikan efek yaitu merekomendasikan kepada customer lain-lainnya mengenai produk atau jasa dari perusahaan.

Pelanggan bukan hanya individu yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan saja, tetapi pelanggan juga menginginkan rasa ingin dihormati, kepuasan pelanggan inilah yang menjadikan tolak ukur dari respon yang emosional para pelanggan dan nantinya akan menjadi evaluasi untuk perusahaan.

Jenis-jenis pelanggan yang perlu diketahui oleh perusahaan, ialah sebagai berikut :

1.   Pelanggan Ekternal, merupakan individu atau kelompok yang berada di luar perusahaan yang menerima produk atau jasa dari perusahaan.

2.  Pelanggan Internal, merupakan individu atau kelompok yang mempunyai pengaruh terhadap performa dari pekerjaan. Misalnya denga sistem dan struktur kerja yang dilakukan sudah efesien atau belum dan pekerjaan sudah berkualitas atau belum.

3.   Pelanggan Antara, merupakan individu atau kelompok yang bertindak sebagai perantara produk atau jasa tetapi bukan sebagai pemakai terakhir.

Salah satu tujuan akhir dari bisnis tentunya mendapatkan pelanggan yang setia, karena pelanggan setia akan terus menerus membeli produk atau jasa yang dijual ke publik dan mampu mendatangkan keuntungan yang besar bagi suatu perusahaan. Namun menemukan dan memiliki pelanggan merupakan suatu hal yang tidaklah mudah ditengah persaingan bisnis yang cukup kompleks saat ini tentunya ini menjadi sebuah tantangan perusahaan untuk terus berusaha mendapatkan pelanggan, berikut tips untuk mendapatkan pelanggan dalam suatu bisnis :

1.      Mengenali Pelanggan dengan Baik

Cara mendapatkan pelanggan yang paling utama adalah memperlakukan pelanggan dengan baik, berdasarkan survey setiap individu atau kelompok akan  merasa senang dan dianggap penting apabila pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan dengan hal-hal yang simple, misalnya dengan menanyakan pendapat konsumen terhadap produk atau jasa yang sudah dibeli, menghubungi konsumen baik melalui sosial media atau aplikasi chatting yang dapat menghubungkan langsung kepada para pelanggan, sehingga akan menjadikan bahan perbaikan untuk meningkatkan kualitas perusahaan.

2.      Melakukan Promosi

Pengenalan produk kepada konsumen dapat melalui berbagai macam cara, yang dengan melakukan promosi terhadap produk atau jasa secara konsisten dan terus-menerus. Misalnya dengan mengunakan brosur dan pamflet yang nantinya dapat dibagikan langsung kepada pelanggan ataupun calon pelanggan dan bisa juga dilakukan melalui media sosial.

3.      Memilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi dalam bisnis merupakan salah satu strategi yang penting untuk menjaring pelanggan. Lokasi yang strategis dan tepat merupakan suatu usaha agar pelanggan dapat dengan mudah menjangkau lokasi.

4.      Internet Marketing

Strategi pemasaran yang paling gencar dilakukan pada era digital saat ini yaitu melalui internet marketing. Dengan menampilkan produk atau jasa pada situs jejaring sosial media , maka dapat diketahui bagaimana selera konsumen dan bagaimana produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

5.      Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan pelengkap strategi dalam mendapatkan pelanggan. Menghubungi pelanggan dapat dilakukan hanya dengan sekedar menanyakan testimoni mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

6.      Memberikan Hadiah atau Reward

Untuk menyenangkan hati pelanggan setia maka memberikan hadiah atau reward kepada pelanggan merupakan hal yang penting untuk memberikan feedback yang baik kepada pelanggan. Misalnya dengan potongan harga (discount), voucher, layanan service gratis dan lain sebagainya.

Komentar