Unsur - Unsur Pada Marketing Mix
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam dunia marketing
atau bisnis dikenal sebagai strategi pemasaran yang pertama kali oleh Neil
Borden pada tahun 1953. Dalam rancangan Neil Borden menggemukakan 12 konsep
bauran pemasaran yang kemudian dibagi
kembali menjadi 4 kategori yang biasanya sering disebut (4P) empat komponen yang
terdiri dari Product (produk), Price (harga), Place (tempat)
dan Promotion (promosi). Dan 3 komponen lainnya (3P) yakni People (orang), physical
evidence (fasilitas) dan Process (proses).
Menurut Kotler dan Amstrong,
Bauran Pemasaran atau Marketing Mix ini
merupakan sekumpulan variabel – variabel marketing yang digunakan oleh
perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan atau di kehendaki
dalam perusahaan. Jadi secara garis besar bahwa marketing mix ini strategi
pemasaran yang dilakukan scara bersamaan untuk menentukan elemen strategi yang
ada di dalam marketing mix itu sendiri.
Menurut Buchari Alma, Marketing Mix merupakan strategi yang
mengabungkan kegiatan-kegiatan marketing agar tercipta kombinasi maksimal
sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan. Dan menurut Sumarmi dan
Soeprihanto marketing mix merupakan kombinasi dari variabel atau kegiatan inti
dari sistem pemasaran yaitu dapat dibedakan dengan produk, harga, promosi dan
distribusi.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan framework yang sederhana namun dikatakan
dapat menjawab kebutuhan dalam proses pemasaran itu sendiri. Marketing Mix ini digunakan berbagai
perusahaan global untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Berikut
penjelasan mengenai unsur 7P Marketing
Mix dalam pemasaran :
1.
Produk (Product)
Bauran Pemasaran yang pertama adalah product, dimana kepuasan konsumen
terletak pada target utama dari bagaimana pengoptimalan produk yang akan di
pasarkan. Produk ini dapat memberikan manfaat dan memuaskan untuk konsumen,
karena konsumen tidak hanya membeli barang melainkan membeli manfaat dari
barang yang konsumen beli.
2.
Harga (Price)
Harga merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan
dalam menetapkan harga pada konsumen. Harga yang lebih rendah membuat produk
tersebut digemari oleh banyak konsumen, sementara harga yang tinggi terkadang
menarik pelanggan yang mencari kualitas yang bagus atau eksklusif. Tujuan
penetapan harga ini bertujuan untuk memaksimalkan laba, mendapatkan pangsa
pasar, mengembalikan modal usaha, mempertahankan pangsa pasar yang sudah ada
dan menjaga kestabilitas harga untuk menjaga kelangsungan hidup dalam perusahaan.
3.
Tempat (Place)
Tempat dalam Marketing
Mix tidak hanya diartikan sebagai tempat dimana usaha tersebut beroperasi ,
tetapi tempat dapat diartikan luas yaitu
tentang keberadaan produk dapat didapatkan. Jika Place berupa jasa diartikan sebagaimana jasa tersebut dapat
diakses, sedangkan jika pada produk tempat dapat dimaknai sebagai lokasi gerai
produk yang dihasillkan.
4.
Promosi (Promotion)
Promosi dalam sebuah marketing mix merupakan sebuah
usaha perusahaan dalam menginformasikan produknya kepada target marketnya.
Promosi ini merupakan upaya untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan pada produk yang dijual.
Promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, meliputi :
·
Salesperson,
merupakan orang yang menawarkan produk maupun jasa yang ditawarkan kepada target pasar secara langsung.
·
Public
Relation, merupakan orang yang bertugas menjaga relasi atau tanggungjawab
atas nama baik perusahaan sehingga images
perusahaan dikenal postif atau mempunyai citra yang bagus.
·
Iklan, segala macam promosi yang ditampilkan
melalui media sosial, seperti iklan di televisi, radio, baliho atau media
sosial (Facebook, Instagram, Twitter
dll)
5.
Fasilitas ( Physical Evidence )
Physical
Evidence dalam bauran pemasaran diartikan sebagai sesuatu yang tidak berwujud
dan dirasakan secara nyata kualitas produk dan layanannya. Fasilitas yang
dipergunakan oleh perusahaan dalam beroperasi dapat berupa fasilitas seperti
gedung, fasilitas produksi, fasilitas penjualan, fasilitas ruangan dan fasilitas
lain-lainnya.
6. Orang (People)
People merupakan bagian dari
bauran pemasaran yang berguna untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM)
yang dimiliki dapat menjadikan nilai lebih bagi perusahaan. Karyawan pada
perusahaan dihimbau dapat memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumen.
7. Proses (Process)
Process
merupakan serangkaian alur
atau prosedur pelaksanaan aktivitas yang berkaitan satu dengan yang lainnya. Dapat
diartikan juga sebagai serangkaian proses pelayanan kepada customer untuk mendapatkan produk yang
ditawarkan.
Setelah memahami
mengenai unsur-unsur strategi marketing
mix maka setelah itu langkah
selanjutnya yaitu menerapkan dan mengaplikasikan strategi tersebut dalam
bisnis.
Komentar
Posting Komentar