Unsur - Unsur Pada Marketing Mix

 


Unsur - Unsur Pada Marketing Mix 

Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam dunia marketing atau bisnis dikenal sebagai strategi pemasaran yang pertama kali oleh Neil Borden pada tahun 1953. Dalam rancangan Neil Borden menggemukakan 12 konsep bauran pemasaran yang  kemudian dibagi kembali menjadi 4 kategori yang biasanya sering disebut (4P) empat komponen yang terdiri dari  Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Dan 3 komponen lainnya (3P) yakni People (orang), physical evidence (fasilitas) dan Process (proses).

Menurut Kotler dan Amstrong, Bauran Pemasaran atau Marketing Mix ini merupakan sekumpulan variabel – variabel marketing yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan atau di kehendaki dalam perusahaan. Jadi secara garis besar bahwa marketing mix ini strategi pemasaran yang dilakukan scara bersamaan untuk menentukan elemen strategi yang ada di dalam marketing mix itu sendiri.

Menurut Buchari Alma, Marketing Mix merupakan strategi yang mengabungkan kegiatan-kegiatan marketing agar tercipta kombinasi maksimal sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan. Dan menurut Sumarmi dan Soeprihanto marketing mix merupakan kombinasi dari variabel atau kegiatan inti dari sistem pemasaran yaitu dapat dibedakan dengan produk, harga, promosi dan distribusi.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan framework yang sederhana namun dikatakan dapat menjawab kebutuhan dalam proses pemasaran itu sendiri. Marketing Mix ini digunakan berbagai perusahaan global untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Berikut penjelasan mengenai unsur 7P Marketing Mix dalam pemasaran :

1.         Produk (Product)

Bauran Pemasaran yang pertama adalah product, dimana kepuasan konsumen terletak pada target utama dari bagaimana pengoptimalan produk yang akan di pasarkan. Produk ini dapat memberikan manfaat dan memuaskan untuk konsumen, karena konsumen tidak hanya membeli barang melainkan membeli manfaat dari barang yang konsumen beli.

2.       Harga (Price)

Harga merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dalam menetapkan harga pada konsumen. Harga yang lebih rendah membuat produk tersebut digemari oleh banyak konsumen, sementara harga yang tinggi terkadang menarik pelanggan yang mencari kualitas yang bagus atau eksklusif. Tujuan penetapan harga ini bertujuan untuk memaksimalkan laba, mendapatkan pangsa pasar, mengembalikan modal usaha, mempertahankan pangsa pasar yang sudah ada dan menjaga kestabilitas harga untuk menjaga kelangsungan hidup dalam perusahaan.

3.       Tempat (Place)

Tempat dalam Marketing Mix tidak hanya diartikan sebagai tempat dimana usaha tersebut beroperasi , tetapi tempat dapat diartikan luas  yaitu tentang keberadaan produk dapat didapatkan. Jika Place berupa jasa diartikan sebagaimana jasa tersebut dapat diakses, sedangkan jika pada produk tempat dapat dimaknai sebagai lokasi gerai produk yang dihasillkan.

4.       Promosi (Promotion)

Promosi dalam sebuah marketing mix merupakan sebuah usaha perusahaan dalam menginformasikan produknya kepada target marketnya. Promosi ini merupakan upaya untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan pada produk yang dijual. Promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, meliputi :

·         Salesperson, merupakan orang yang menawarkan produk maupun jasa yang ditawarkan  kepada target pasar secara langsung.

·         Public Relation, merupakan orang yang bertugas menjaga relasi atau tanggungjawab atas nama baik perusahaan sehingga images perusahaan dikenal postif atau mempunyai citra yang bagus.

·         Iklan, segala macam promosi yang ditampilkan melalui media sosial, seperti iklan di televisi, radio, baliho atau media sosial (Facebook, Instagram, Twitter dll)

5.       Fasilitas ( Physical Evidence )

Physical Evidence dalam bauran pemasaran diartikan sebagai sesuatu yang tidak berwujud dan dirasakan secara nyata kualitas produk dan layanannya. Fasilitas yang dipergunakan oleh perusahaan dalam beroperasi dapat berupa fasilitas seperti gedung, fasilitas produksi, fasilitas penjualan, fasilitas ruangan dan fasilitas lain-lainnya.

6.       Orang (People)

People merupakan bagian dari bauran pemasaran yang berguna untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki dapat menjadikan nilai lebih bagi perusahaan. Karyawan pada perusahaan dihimbau dapat memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumen.

7.       Proses (Process)

Process merupakan serangkaian alur atau prosedur pelaksanaan aktivitas yang berkaitan satu dengan yang lainnya. Dapat diartikan juga sebagai serangkaian proses pelayanan kepada customer untuk mendapatkan produk yang ditawarkan.

 

Setelah memahami mengenai unsur-unsur strategi marketing mix maka setelah itu langkah selanjutnya yaitu menerapkan dan mengaplikasikan strategi tersebut dalam bisnis.

Komentar